Kenapa Komputer?

Oleh: Endang S. Torina, S.Pd
Guru SM3T Universitas Riau
Email: putra_petualang59@yahoo.com

Dalam era globalisasi ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terutama dalam dunia pendidikan tentunya terdorong selalu mengikuti perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena berangkat dari dunia pendidikan itulah akan tercetak kader-kader bangsa pada masa mendatang.

Mengingat perkembangan pendidikan yang juga begitu pesat menuntut guru juga untuk berlomba untuk mencari cara atau model baru seperti penggunaan media yang lebih modern dan lebih inovatif agar materi yang akan diberikan atau ditransferkan kepada murid lebih mudah di pahami oleh siswa. Oleh karena itu para guru dituntut untuk lebih mengusai teknologi, seperti penguasaan komputer. 


Kenapa komputer? Itu pertanyaan yang bagus. Dengan menggunakan komputer juga para guru dapat terbantu akan tugas tugasnya yang berhubungan dengan aktivitasnya di sekolah. Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana atau media penunjang aktivitas manusia di dalam bekerja dan berusaha demi tercapainya hasil kerja yang optimal (efisien, efektif, dan ekonomis) di dunia pendidikan. Dengan menguasai penggunaan komputer diharapkan para guru dapat menjalankan tugasnya lebih baik lagi, terutama dalam penyampaian pesan ataupun materi pelajaran kepada siswa.

Dengan menguasai penggunaan komputer juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Bagi siswa, penggunaan program pembelajaran berbantuan komputer dapat mengembangkan motivasi, kemandirian belajar siswa dan aktivitas dalam belajar. Bagi guru, penggunaan program pembelajaran berbantuan komputer dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran di kelas. Sedangkan bagi sekolah, penggunaan program pembelajaran berbantuan komputer dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 

Dengan masuknya teknologi informasi komputer telah banyak merubah tatanan dan peran pendidikan. Sebagai contoh dahulunya guru mengajar dengan cara lama atau bersifat konvensional yang sering membuat kebosanan bagi siswa, kini dengan adanya komputer, guru dapat mengajar dengan cara yang modern yaitu dengan cara memanfaatkan program-program yang ada di dalam komputer tersebut. Guru dapat mendesain sedemikian rupa materi pelajaran yang akan diberikan kepada siswa, sehingga siswa dapat lebih tertarik akan materi yang sedang mereka terima atau pelajari, Wamena 01 Mei 2015.

0 Response to "Kenapa Komputer?"

Post a Comment