YKW Sosialisikan Penggunaan Buku Paket Kontekstual Papua

Laporan:  Haritsah Salim, S.Pd. (Guru SM3T asal Riau)

WAMENA- Yayasan Kristen Wamena (YKW) sebagai salah satu yayasan yang sangat perhatian terhadap dunia pendidikan di daerah tertinggal, dalam hal ini Wamena, baru saja melakukan sosialisasi buku Paket Konteksal Papua dan motivasi pendidikan di hadapan  orangtua murid dan guru-guru SD YPPGI Hitigima, distrik Asotipo. Kota Wamena. Kabupaten Jayawija.  Agenda ini bertempat di ruang kelas IV SD Yayasan Pendidikan Persekolahan Gereja-Gereja Injili (YPPGI) Hitigima, Senin (08/09/2014).

Salah seorang intruktur YKW, Grandy Mega, S.Pd.k mengatakan bahwa sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh YKW membuktikan bahwa buku ini sangat membantu proses pemblajaran siswa SD yang berdomisili di Papau. Karena buakua ini dilengkap dengan contoh-contoh yang ada di sekitar siswa. Seperti Honai, Ipere, cendrawasih dan lainnya yang dekat dengan siswa.

“Buku ini dirancang khusus untuk siswa yang ada di Papua. Menggunakan pendekatan Konteksual, artinya menggunakan contoh yang ada di sekitar siswa.” Jelas Grendi dalam agenda yang turut di hadiri guru-guru SM3T yang baru seminggu bertugas disana.

Pria kelahiran Manado itu melanjutkan, “Untuk menyusun buku ini, tim penulis sudah melakukan riset sesuai yang dbituhkan siswa. Buku ini disusun sejak tahun 2006. Terhitung masa penyusunan buku ini adalah 6 tahun. Memang cukup lama. Oleh karena itu buku ini sudah teruji dan sanat baik digunakan sebagai pedoman belajar dan mengajar di SD.”

Jacomier Vander Wilt, wanita asal Belanda yang pada kesempatan itu juga hadir sebagai instruktur dari YKW turut menjelaskan bahwa sudaah seyogyanya siswa di Papua mendapatkan buku ini, karena target utama buku ini adalah supaya peserta didik yang duduk di kelas I dan II bisa lancar membaca.

 “Tapi walaupun ada buku bagus, Guru yang hebat, semuanya tidak akan sempurna apabila tidak ada dukngan dan kerjasama dari orangtua dirumah. Orangtua mempuyai peran penting dalam pendidikan anak, jika orangtua tidak mau tau soal pendidikan anaknya, maka sangat susah mewujudkan anak papua yang maju dalam hal pendidikan.” Tambah Arniati Kogoya S.Pd intruktur selanjutnya memberikan motivasi kepada orangtuamurid SD YPPGI Hitigima.

Arni merupakan salah satu putri Papua yang sudah meniti jalan kesuksesan melalui pendidikan dengan belajar tekun. “Karena untuk memajukan Papua, khususnya Wamena, pendidikan adalah jawaban pastinya.” Pungkasnya.


Jacomier Vander Wilt, wanita asal Belanda

kepala sekolah dan guru-guru SD YPPGI HITIGIMA, distrik Asolokobal
Grandy Mega, S.Pd.k menjelaskan cara penggunaan buku Paket Kontekstual Papua
Guru SM3T, Kepala sekolah dan instruktur YKW berfoto bersama seusai sosialisasi

0 Response to "YKW Sosialisikan Penggunaan Buku Paket Kontekstual Papua"

Post a Comment