Menuju Indonesia Sehat, Guru SM3T SD Inpres Minimo Ajarkan Buang Ingus

Asolokobal - SD Inpres Minimo | Kebersihan adalah salah satu kata yang sangat susah di terapkan di SD Inpres Minimo Desa Helaluwa.Setiap hari anak-anak di ajarkan membersihkan diri, mulai dari mandi pagi, gosok gigi, cuci muka, cuci tangan  dan cuci kaki.

Tapi terkadang kata-kata itu terkesan sia-sia, hari  ini kami ajarkan membersikan ingus dalam  hitungan detik kemudian kondisi anak-anak kembali lagi seperti semula. Baju kotor, ingusan dan tanpa alas kaki. Terkadang kami guru-guru disini mulai bingung mengapa anak-anak disekolah kami terkesan nyaman dengan yang kotor-kotor dan risih dengan kebersihan.

Dengan keadaan demikian kami mulai berpikir apa usaha yang bisa kami lakukan untuk merubah itu, walaupun tidak bisa langsung membawa dampak yang besar setidaknya kami mencoba untuk memulai.

Pada tanggal 23 oktober 2014 hari kamis  kami guru-guru SM3T UNRI membuat suatu kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan. Kami memberi nama kegiatan tersebut BUANG INGUS, terkesan memang agak aneh tapi itu lah kenyataan yang kami temui di sini tempat pengabdian kami selama satu tahun SD INPRES Monimo Desa Helaluwa.

kami menyuruh anak-anak membawa lap bersih untuk membersikan ingus,  dan kami guru-guru SM3T UNRI menyediakan air bersih, sabun cuci tangan dan sikat. Setelah anak-anak berbaris pagi hari sebelum masuk kedalam kelas kami mulai membersihkan anak-anak, mulai dari membuang ingus, mencucikan mukanya, mencucikan tangannya bahkan menyikat kakinya.

Terkadang tidak bisa juga kami pungkiri rasa jijik itu tetap ada, tapi kami berpikir lagi kami ini guru tugas kami adalah mendidik, kami bukan orang-orang yang bisa berdandan cantik, pakai parfum wangi dan duduk manis di ruangan ber AC. 

Kami tetaplah pendidik yang harus turun langsung mengabdi di lapangan, dan bersama-sama berusaha untuk membuat keadaan murid kami menjadi lebih baik.

Kami bukan berpikir  seberapa besar yang kami lakukan, tapi seberapa ikhlas kami bisa melakukan sesuatu untuk anak didik kami.

Penulis:

Sosmilianti, S.Pd - Guru SM3T
Mengajar di SD Inrpes Minimo, Distrik Asolokobal - Jayawijaya, Papua - Indonesia


1 Response to "Menuju Indonesia Sehat, Guru SM3T SD Inpres Minimo Ajarkan Buang Ingus"

  1. Good Jog Gan :)
    Semoga terus berkreasi dan beraktifitas.

    Salam Maju Bersama
    SM-3T Angk I, LPTK UNP

    http://pustaka.pandani.web.id/

    ReplyDelete