Model Rambut Siswi Mencuri Perhatianku

Rahmad Maulana S,Pd (SD INPRES Yiwika Kurulu)

Mungkin ini konyol, tapi perlu di paparkan karena keunikannya. Terus terang tulisan ini lahir setelah aku membaca tulisan yang dibuat oleh koordinator SM3Tku Reby oktarianda tentang Lonceng (hore pulang). Ok, tidak perlu banyak cerita langsung di baca guys.

Sebagai seorang guru, tentunya sudah menjadi kewajiban untuk memperhatikan aspek perkembangan peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotor) namun disisi lain ada hal yang kerap kali menjadi perhatianku, aku sempat tersenyum sendiri melihat sesuatu yang sangat asing di mataku, dan ini sering terjadi dikala sedang bertatap muka di sekolah, ya "model ikat rambut" model ikat rambut murid-muridku yang sering di ganti-ganti, membuatku penasaran dengan istilah-istilahnya. Tentunya yang sering melakukan hal seperti ini adalah HORA (sebutan untuk anak perempuan papua) ya, anak perempuan pastinya..

Pada dasarnya ada beberapa model ikat rambut yang dibentuk itu (yang pernah ku lihat) hampir sama dengan yang dibentuk oleh murid-muridku. seperti ikat kepang dan ikat biasa namun karena aku sekarang berada di daerah yang berbeda maka pasti berbeda pula bahasa atau sebutannya. Sebenarnya sangat banyak sekali model rambut (masyarakat) yang kulihat tetapi yang menjadi fokus ku adalah disekolahku. Model ikat rambut itu diantaranya :
  1. Gonde

Model ikat rambut ini sama dengan ikat biasa yang pernah ku tahu, yang menjadi pembeda adalah bisa sampai 20 ikatan di kepala, itu dikenal dengan gonde 20. Jadi kalau ikatannnya ada 2 berarti sebutannya gonde 2, kalau ada 3 ikatanya berarti gonde 3 dan begitu seterusnya.

2. Anyam Biasa

Anyam biasa ini sama persis dengan ikat kepamg, ikat kepamg yang biasa kulihat hanyalah ikat kepang satu tetapi kalau di papua ini banyak sekali.


3. Anyam lurus
Anyam lurus ada 2 versi, versi samping dan tengah alias belah tengah. Jadi tinggal di pilih sudah.


4. Anyam cacing
Masih satu jenis sih, sama-sama di anyam toh. Cuma bentuknya saja seperti cacing.
              5. Anyam Honai
Model ikatan ini persis berbentuk honai, jujur sebenarnya aku kurang yakin apa yang dikatakan murid-muridku tentang model ikat rambut yang satu ini (antara percaya dan tidak) tapi setelah aku tanya masyarakat ternyata iya bah (Logat kalimantan). Memang bener ada anyam untuk rambut seperti itu.

6. Jongkal-jongkal
Nah, model rambut yang terakir ini lah yang sering mencuri pethatianku. Pasalnya model seperti ini bisa dikatakan paling unik ketimbang model rambut yang lain selain itu teknik membuatnya pun terbilang mudah hanya diplintir-plintir aja, jadi sudah.


versi kolaborasi

0 Response to "Model Rambut Siswi Mencuri Perhatianku"

Post a Comment